APU (Auxiliary Power Unit)
APU (Auxiliary Power Unit)
gambar.1 APU
Auxiliary Power Unit (APU) adalah perangkat pada
kendaraan yang menyediakan energi untuk fungsi lain selain propulsi. APU
biasanya dipasang pada pesawat besar, serta beberapa kendaraan darat besar.
Pesawat APU umumnya menghasilkan 115V pada 400 Hz (bukan 50/60 Hz pasokan
listrik), untuk menjalankan sistem listrik pesawat, selain itu dapat
menghasilkan 28V DC. APU juga dipasang pada kapal-kapal angkatan laut. APU
dapat memberikan listrik melalui sistem tunggal atau 3-fase.
Tujuan utama dari APU pesawat adalah untuk memberikan power
untuk starting engines utama pesawat. Mesin turbin harus dipercepat untuk
kecepatan rotasi tinggi untuk memberikan kompresi udara yang cukup pada saat
engine beroperasi. Jet engine yang lebih kecil biasanya distart oleh sebuah motor
listrik, sedangkan engineyang lebih besarbiasanya dimulai oleh motor turbin
udara.Sebelumengine bergerak, APU start, umumnya oleh baterai atau akumulator
hidrolik. Setelah APU bergerak, APU memberikan daya (listrik, pneumatik, atau
hidrolik, tergantung pada desain) untuk memulai engine utama pesawat.
APU pada Pesawat Komersil
Fungsi
Tujuan utamadari APU pesawat adalah untuk memberikan power
untuk starting engines utama pesawat. Mesin turbin harus dipercepat untuk
kecepatan rotasi tinggi untuk memberikan kompresi udara yang cukup pada saat
engine beroperasi. Jet engine yang lebih kecil biasanya distarting oleh sebuah
motor listrik, sedangkan engine yang lebih besar biasanya distarting oleh motor
turbin udara. Sebelum engine bergerak, APU pada umumnya distarting oleh baterai
atau akumulator hidrolik. Setelah APU bergerak, APU memberikan daya (listrik,
pneumatik, atau hidrolik, tergantung pada desain) untuk memulai engine utama
pesawat
APU juga digunakan untuk menjalankan aksesori pesawat
lainnya pada saat engine mati. Hal ini memungkinkan kabin menjadi nyaman
saat penumpang naik pesawat sebelum engine dinyalakan. Listrik digunakan untuk
menjalankan sistem saat preflight check. Beberapa APU juga dikoneksikan ke
pompa hidrolik, memungkinkan kru mengoperasikan peralatan hidrolik (seperti
Flight control atau flaps) sebelum engine dinyalakan. Fungsi ini dapat juga
digunakan, pada beberapa pesawat, sebagai cadangan pada saat terbang atau
sistem hidrolik rusak.
gambar.2 APIC APS3200 APU for Airbus A318, A319, A320, and A321
Pesawat dengan APU juga dapat menggunakan power listrik dan
pneumatic dari peralatan darat ketika APU rusak atau tidak dapat digunakan.
APU dipasang pada pesawat extended-range twin-engine
operations (ETOPS) yang merupakan alat pengaman saat kondisi kritis, karena APU
menyediakan listrik cadangan dan tekanan udara pada engine yang mati atau
generator utama rusak. Sementara beberapaAPU mungkin tidak startable
dalam penerbangan, APUETOPS-compliant harus flight-startable pada ketinggian
sampai keservice ceiling. Aplikasiterbaru telah ditentukan mulai sampai
denganketinggian43.000kaki (13.000 m) dari kondisi cold-soaklengkapseperti
Hamilton Sundstrand APS5000 untuk Boeing 787 Dreamliner.JikaAPU atau generator
listrik tidak tersedia, pesawat tidak diperbolehkanuntuk penerbanganETOPS dan
diharuskanuntuk mengambilrute non-ETOPS.
APU menghasilkan listrik 400 Hz lebih kecil dan lebih terang
daripada 50/60 Hz counterpart, akan tetapi harganya lebih mahal; kelamahannya
adalah sistem, frekuensi tinggi menyebabkan tegangan menurun.
Bagian-bagian APU
gambar.3 bagian-bagian APU
Tipe gas turbin APU untuk pesawat komersil terdiri dari tiga bagian utama yaitu :
Power Section
Power section merupakan bagian generator gas engine dan menghasilkan semua power shaft APU.
Load Compressor Section
Load compressor pada umumnya berupa shaft-mounted compressor yang menghasilkan tenaga pneumatic pesawat, sedangkan beberapa beberapa extract bleed air APU dihasilkan melalui compressor power section. Ada dua alat penggerak, yaitu Inlet guide vanes yang mengatur aliran udara yang mengalir ke load compressor dan surge control valve yang menstabilkan operasi mesin turbo.
Gearbox section
Gearbox mentransfer tenaga dari shaft utama engine ke generator oil-cooled untuk tenaga listrik. Melalui Gearbox, power juga ditransfer ke aksesoris engine seperti fuel control unit, modul pelumasan, dan fan pendingin. Selain itu, ada juga starter motor yang terhubung melalui gear train untuk melakukan fungsi awal dari APU.Beberapa desain APU menggunakan kombinasi starter/generator untuk menyalakan APU dan pembangkit tenaga listrik untuk mengurangi kompleksitas.
Pada pesawat Boeing 787 yang membutuhkan suplai listrik yang besar, APU hanya berfungsi memberikan listrik ke pesawat. Tidak adanya sistem pneumatik menyederhanakan desain, namun besarnya kebutuhan listrik memerlukan generator yang besar.
Manufaktur
Ada dua perusahaan besar bersaing di pasar APU pesawat yaitu United Technologies Corporation (melalui anak perusahaannya Pratt & Whitney Canada, Hamilton Sundstrand dan Goodrich Corporation), dan yang kedua adalah Honeywell International Inc.
DOWNLOAD DISINI
Daftar Pustaka :
Komentar
Posting Komentar