Engine Fuel System
Sistem Fuel Di Gas Turbo Engine
Sistem berarti gabungan komponen / section menjadi satu yang mempunyai tujuan tertentu, sebab membahas system bahan bakar di pesawat terbang. Tujuannya ialah mensuplai bahan yang bersih pada tekanan yang tepat dan dalam jumlah yang diperlukan untuk mengoperasikan suatu mesin.
Sistem berarti gabungan komponen / section menjadi satu yang mempunyai tujuan tertentu, sebab membahas system bahan bakar di pesawat terbang. Tujuannya ialah mensuplai bahan yang bersih pada tekanan yang tepat dan dalam jumlah yang diperlukan untuk mengoperasikan suatu mesin.
Basic Fuel System
Fuel System adalah sistem pengisian, penyimpanan dan
pendistribusian fuel ke system engine dan APU. Penyimpanan fuel yaitu fuel
tank dilengkapi dengan electrical boost pump yang
mendistribusikan fuel (lines) dibawah tekanan ke engine dan
APU. Fuel yang dimuat ke pesawat dari ground akan melalui sebuah katup
fueling dibagian fueling yang bertekanan . Electric
motor-driven boost pump dan saluran fuel mendistribusikan fuel dari
suatu tank ke engine. Electrically operated valvemengontrol
fuel cross-feed dan Engine fuel shut off. Pump and valve
pengontrol (selector valve) di lengkapi dengan instrument
dan indicating light untuk memonitoring system tersebut. Pengaturan
dari system control panel berada didepan diatas kepala panel.
1 HAL – HAL PENTING PADA SISTEM BAHAN BAKAR
PESBANG
sistem bahan bakar pesawat berfungsi untuk memberikan aliran
bahan bakar yang sudah tersaring bersih, dengan aliran konstan ke karburator
atau unit pengendali bahan bakar (fuel control unit).
pemberian aliran bahan bakar ini harus sesuai dengan jumlah
yang dibutuhkan engine dalam operasinya pada berbagai ketinggian dan sikap
(attitude) terbang.
PERSYARATAN SYSTEM BAHAN BAKAR :
A. MEMPUNYAI KEANDALAN.
masing – masing bahan bakar harus dikonstruksikan &
disusun sedemikian rupa, sehingga menjamin aliran bahan bakar pada tekanan dan laju yang
dibutuhkan olehengine serta auxilliary power unit (apu) dalam
setiap kondisi operasinya.
B. SISTEM BAHAN BAKAR HARUS INDEPENDENCE (TIDAK
TERGANTUNG).
FILLER CAP. filler cap (tutup
lubang pengisian) harus dirancang agar pemasangannya mudah & tidak lepas
saat penerbangan. beberapa cap dilengkapi ventilasi sehingga tekanan
tangki selalu menyesuaikan dg tekanan atmosfer. pada daerah dekat cap biasanya
dilengkapi plate bertuluskan “fuel” dan jenis serta grade minimum yang
tepat sesuai yang digunakan pesawat tersebut.
C.PELINDUNG PETIR (LIGHTNING PROTECTION). sistem
bahan bakar harus dilengkapi dengan alat untuk mencegah terjadinya kebakaran
akibat sambaran petir.
D. ALIRAN BAHAN BAKAR (FUEL FLOW). aliran
bahan bakar dengan cara gravity harus dapat memberikan supply paling rendah
150% dari kebutuhan aliran saat take-off. untuk sistem yang
menggunakan tekanan (pressure feed system), aliran bahan bakar
reciprocating engine paling rendah 125% dari kebutuhan take off persyaratan
ini ditentukan dari hasil uji.
E. KEBUTUHAN INDICATOR UNTUK SISTEM
BAHAN BAKAR.lampu peringatan (warning light) & kendali (control).
indikator yang dibutuhkan dlm system bahan bakar adalah sebagai berikut:
indikator pengukur jumlah bahan bakar (fuel quantity
indicator),
penunjuk tekanan (fuel pressure indicator),
penunjuk temperatur ( fuel-temperature indicator),
penunjuk aliran bahan bakar (fuel flow indicator).
Didalam Fuel System sendiri terdapat beberapa system yang
dapat membantu Fueling dan De-Fueling lebih cepat seperti :
- Fuel
Vent System
- Pressure
Fueling System
- Fuel
Quantity Indicating System
Fuel Vent System mencegah kelebihan tekanan atau kehampaan
dari pendistribusian fuel. Vent channel memanjang sampai ke main dan center
tank yang berdekatan dengan skin wing bagian atas pada setiap section channel.
Tabung vent memberikan venting ketika katup float membuka.
Pressure Fueling System menyuplai fuel untuk mengisi
tank-tank dipesawat. Refuel station berada di leading edge wing kanan yang
memiliki:
- Refuel
panel
- Fueling
receptacle manifold
- Fueling
power control switch
- Fueling receptacle
gambar.1 Tangki pada pesawat
gambar.2 Center Tank pada Fuel
- Jenis
- jenis Tanki
INTEGRAL TANK. tangki yang merupakan
bagian integral (menjadi satu) dengan struktur dasar pesawat.
bagian – bagian struktur, al: kulit sayap (wing
skin), ribs, stiffeners & stringerssehingga
membentuk tangki. Guna mencegah kebocoran digunakan bahan sealing,
yang terbuat dari karet sintetis.
RIGID REMOVEABLE TANK (TANGKI YANG DAPAT
DIBONGKAR). merupakan tangki yang terbuat dari metal (biasanya
dari aluminium yang dilas). berbentuk ruang guna menyimpan bahan bakar. jenis
tangki ini banyak digunakan pada pesawat-pesawat kecil.
BLADER FUEL CELL. berupa kantong
karet yang konstruksinya diperkuat yang digunakan untuk menyimpan bahan bakar.
komponen blader fuel cell al : ventilasi, fitting penguras (drain
valve), fuel quantity indicator dsb. baldder fuel
cell dipasang dalam ruang dalam pesawat dengan cara memasukkanya
dengan melipat.
EXTERNAL TANK. adalah
tangki yang diluar struktur pesawat, biasanya dipasang pada pylon dibawah
sayap. beberapa jenis external tank yang bisa dijatuhkan saat
penerbangan jika tangki tersebut tidak dibutuhkan, atau bisa dilepas dengan
mudah dan cepat. pada bagian dalam tangki biasanya disekat oleh beberapa bulkhead.
SURGE TANK. biasanya dipasang pada
pesawat transport dengan konstruksi mirip seperti tangki jenis
integral. surge tank sebenarnya tidak diisi bahan bakar,
namun hanya digunakan untuk penampungan kelebihan atau tumpahan bahan bakar
terutama pada saat pengisian bahan bakar.
MAU DOWNLOAD
Daftar Pustaka :
Komentar
Posting Komentar